Artikel

Khusnudhon Dalam Menghadapi Musibah

Khusnudhon Dalam Menghadapi Musibah


Assalamu Alaikum Wr.Wb


Keluarga Multazam Utama yang dirahmati Alloh Subhanahu Wa Taala, akhir – akhir ini Negeri tercinta mengalami berbagai cobaan, ujian dan musibah. Setiap hamba Alloh Subhanahu Wa Taala tidak akan luput dari berbagai macam cobaan , ujian dan musibah, baik berupa kesusahan maupun kesenangan. Hal itu merupakan sunnatulloh yang berlaku bagi setiap hamba Alloh sebagaimana firmanNya :



وَلَنَبْلُوَنَّكُمْ بِشَيْءٍ مِنَ الْخَوْفِ وَالْجُوعِ وَنَقْصٍ مِنَ الْأَمْوَالِ وَالْأَنْفُسِ وَالثَّمَرَاتِ ۗ وَبَشِّرِ الصَّابِرِينَ


Dan sungguh Kami Alloh akan berikan cobaan kepada kalian dengan ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang sabar ( QS. Al Baqoroh 155)



وَنَبْلُوكُمْ بِالشَّرِّ وَالْخَيْرِ فِتْنَةً ۖ وَإِلَيْنَا تُرْجَعُونَ


Kami Alloh akan menguji kalian dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan (yang sebenar-benarnya) dan hanya kepada Kamilah kalian akan dikembalikan (Qs Al Anbiya 35)



Imam Ibnu Katsir Rahimahulloh menjelaskan :


Makna ayat ini yaitu Kami Alloh menguji kamu sekalian terkadang dengan bencana dan terkadang dengan kesenangan agar Kami melihat siapa yang bersyukur dan siapa yang ingkar serta siapa yang bersabar dan siapa yang berputus asa.



Di dalam kehidupan dunia, Alloh Subhanahu Wa Taala dengan ilmu dan hikmahNya dalam menurunkan syariatNya kepada hambaNya untuk kebaikan dan kemaslahatan hidup mereka. Oleh karena itu, hanya dengan berpegang teguh kepada agamaNyalah sebagai hamba Alloh akan merasakan kebahagiaan hidup yang hakiki di dunia dan akhirat.


Alloh Subhanahu Wa Taala berfirman :


يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اسْتَجِيبُوا لِلَّهِ وَلِلرَّسُولِ إِذَا دَعَاكُمْ لِمَا يُحْيِيكُمْ


Hai orang-orang beriman, penuhilah seruan Alloh dan seruan RasulNya yang mengajak kalian kepada suatu yang memberi (kemaslahatan) hidup bagimu (Qs Al Anfal 24)



Imam Ibnul Qayyim Rahimahulloh berkata:

Ayat ini menunjukkan bahwa kehidupan yang bermanfaat hanya didapatkan dengan memenuhi seruan Alloh Subhanahu Wa Taala dan RasulNya Shallallohu Alaihi Wasallam. Maka barang siapa yang tidak memenuhi seruan Alloh Subhanahu Wa Taala dan RasulNya Shallallohu Alaihi Wasallam, dia tidak akan merasakan kehidupan (yang baik). Jadi, kehidupan baik yang hakiki adalah kehidupan seorang dengan memenuhi seruan Alloh Subhanahu Wa Taala dan RasulNya Shallallohu Alaihi Wasallam secara lahir maupun batin.



Sikap Seorang Hamba Alloh Dalam Menghadapi Cobaan, Ujian dan Musibah

Berikut ini sikap yang selayaknya di lakukan seorang hamba Alloh di dalam menghadapi cobaan, ujian dan musibah :


1. Bersabar karena ujian itu menghapuskan dosa-dosa.
Alloh Subhanahu Wa Taala memberikan cobaan agar kita menjadi lebih dewasa dan matang dalam mengarungi kehidupan selain itu cobaan bagi hamba Alloh adalah penghapus dosa.


Rasululloh Shallallohu Alaihi Wasallam bersabda :


مَا مِنْ مُسْلِمٍ يُشَاكُ شَوْكَةً فَمَا فٌوْقَهَا إِلَّا كُتِبَتْ لَهُ بِهَا دَرَجَةً وَ مُحِيَتْ عَنْهُ بِهَا خَطِيْئَةً


Seorang muslim yang ditimpa penderitaan, kegundahan, kesedihan, kesakitan, gangguan, dan kerisauan, bahkan hanya terkena duri sekalipun, semuanya itu merupakan kafarat (penebus) dari dosa-dosanya (H.R. Bukhari dan Muslim)



2. Yakin bahwa ujian itu merupakan bukti cinta Alloh pada hambaNya.
Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam bersabda,


مَنْ يُرِدِ اللَّهُ بِهِ خَيْرًا يُصِبْ مِنْهُ


Barangsiapa yang Alloh inginkan kebaikan, maka Alloh akan memberinya musibah. (HR. Al-Bukhari).



لَا يَزَالُ الْبَلَاءُ بِالْمُؤْمِنِ أَوْ الْمُؤْمِنَةِ فِي جَسَدِهِ وَفِي مَالِهِ وَفِي وَلَدِهِ حَتَّى يَلْقَى اللَّهَ
وَمَا عَلَيْهِ مِنْ خَطِيئَةٍ


Senantiasa ujian itu menerpa mukmin atau mukminah pada jasadnya, harta dan anaknya sampai ia bertemu dengan Alloh dalam keadaan tidak mempunyai dosa. (HR. Ahmad)



3. Husnudhon karena semakin besar dan banyak cobaan yang Alloh turunkan kepada hambanya
Maka selayaknya seorang hamba Alloh selalu faham bahwa semakin besar pula pahala dan sayang Allah yang akan dilimpahkan kepada hambanya dengan syarat, hambanya dapat menyelesaikan setiap ujian hidup itu secara baik.



إِنَّ عِظَمَ الْجَزَاءِ مَعَ عِظَمِ الْبَلاَءِ وَإِنَّ اللَّهَ إِذَا أَحَبَّ قَوْمًا ابْتَلاَهُمْ فَمَنْ رَضِىَ فَلَهُ الرِّضَا
وَمَنْ سَخِطَ فَلَهُ السَّخَطُ


Sesungguhnya pahala besar bersama balasan untuk ujian yang berat. Sungguhnya jika Alloh mencintai suatu kaum maka Alloh akan menimpakan ujian untuk mereka. Barangsiapa yang ridho, maka ia yang akan meraih ridho Alloh. Barangsiapa siapa yang marah, maka Alloh pun akan murka. (HR. Ibnu Majah)




4. Selalulah untuk berfikir positif bahwa apapun yang menimpa diri akan menjadi kebaikan.
Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam bersabda :


عَجَبًا لأَمْرِ الْمُؤْمِنِ إِنَّ أَمْرَهُ كُلَّهُ خَيْرٌ وَلَيْسَ ذَاكَ لأَحَدٍ إِلاَّ لِلْمُؤْمِنِ إِنْ أَصَابَتْهُ سَرَّاءُ شَكَرَ فَكَانَ خَيْرًا لَهُ وَإِنْ أَصَابَتْهُ ضَرَّاءُ صَبَرَ فَكَانَ خَيْرًا لَهُ


Sungguh menakjubkan keadaan seorang mukmin, seluruh urusannya itu baik. Ini tidaklah didapati kecuali pada seorang mukmin. Jika mendapatkan kesenangan, maka ia bersyukur. Itu baik baginya. Jika mendapatkan kesusahan, maka ia bersabar. Itu pun baik baginya.” (HR. Muslim)



5. Menyakini bahawa setelah ditimpa kesulitan pasti akan ada kemudahan.
Alloh Subhanahu Wa Taala berfirman diulang dua kali :


فَإِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًا إِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًا


Maka sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan. Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan. (QS. An Nasyroh 5- 6).



Sahabat yang mulia, Abdullah bin Mas’ud Radhiyallohu Anhu pernah berkata, Seandainya kesulitan masuk ke dalam suatu lubang, maka kemudahan pun akan mengikutinya karena Alloh Subhanahu Wa Taala berfirman (yang artinya), sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan. Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan



Kita sebagai hamba Alloh Subhanahu Wa Taala sepantasnyalah menghadapi cobaan, ujian dan musibah dengan sikap positif, optimistik, ikhtiar yang maksimal dan diikuti dengan doa. Sesungguhnya pertolongan Alloh pasti akan turun ketika kita berada dipuncak ujian. Untuk itu, jadikanlah ujian hidup sebagai tangga untuk meraih pertolongan Alloh Subhanahu Wa Taala.



Sumber :
1. Al Quran terjemahan Kementrian Agama
2. HR. Bukhori
3. HR. Muslim
4. HR. Ibnu Majah
5. HR. Ahmad
Artikel Khusnudhon Dalam Menghadapi Musibah

Latest Artikel

Berita Haji Lainnya >
Mengapa Excellent Service Penting Bagi Setiap Jamaah Umroh dan HajiMengapa Excellent Service Penting Bagi Setiap Jamaah Umroh dan Haji
Assalamu Alaikum Wr.Wb
Bapak Ibu Keluarga Multazam Utama yang dibarokahi Alloh Subhanahu wa Taala, Indonesia adalah negara yang mayoritas penduduknya beragama Islam. Tidak heran, banyak penduduk Indonesia yang berangkat ibadah ke tanah suci setiap tahunnya. Indonesia selalu diberikan jatah keberangkatan haji paling banyak di antara negara-negara lainnya. Untuk perjalanan umroh, di Indonesia telah banyak Biro Travel Umroh terpercaya yang siap melayani ibadah Bapak Ibu ibadah di Tanah Suci Mekah salah satunya Multazam Utama Tour.
Kapankah Waktu Yang Tepat Berangkat Sholat Wajib
di Masjidil Harom
Masjidil Harom terletak di pusat kota Makkah. Kota kelahiran Rosululloh Muhammad SAW yang menjadi pusat berbagai aktivitas jamaah haji maupun umroh dari berbagai negara. Hal ini menjadikan kota Makkah sangat padat, baik musim haji maupun umroh. Di tengah Masjidil Harom terdapat Kabah sebagai kiblat sholat bagi seluruh umat Islam segala penjuru dunia. Setiap jamaah dipastikan ingin selalu ibadah di Masjidil Harom. Karena di sana ada aktivitas ibadah thowaf mengelilingi Kabah juga sai yang merupakan bagian dari rangkaian haji maupun umroh.
Keikhlasan dan Kesabaran dalam Beribadah
Kedudukan sabar dalam keimanan laksana kepala bagi seluruh tubuh., apabila kepala sudah terpotong maka tidak ada lagi kehidupan di dalam tubuh. Sabar merupakan pilar kebahagiaan bagi seorang hamba Alloh. Dengan kesabaran itulah seorang hamba Alloh akan terjaga dari kemaksiatan, konsisten menjalankan ketaatan, dan tabah dalam menghadapi berbagai macam cobaan.
PT TISAGA MULTAZAM UTAMA
Ruko Cempaka Mas Blok i/7
Jl. Let. Jend. Soeprapto
JAKARTA 10640
Logo
© Copyright 2018 Multazam. All Rights Reserved,
Jasa Pembuatan Website by IKTLink Mobile