Berita Seputar Haji

Pemerintah-DPR Umumkan Biaya Ibadah Haji 2018

Pemerintah-DPR Umumkan Biaya Ibadah Haji 2018

JAKARTA, iNews.id - Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) 1439 Hijriah/2018 akan diumumkan sore ini. DPR bersama Kementerian Agama sedang menggelar rapat kerja untuk memutuskan nominal biaya haji itu.Pantauan di ruang rapat Komisi VIII DPR, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin telah tiba di Kompleks Parlemen. Rapat awalnya hendak berlangsung tertutup, namun kemudian diputuskan terbuka.

”Insyaallah diumumkan nanti,” kata Ketua Komisi VIII DPR Ali Taher Parasong dikonfirmasi sebelum sidang. Penetapan BPIH dilakukan setelah beberapa kali rapat antara Panja Komisi VIII dan Panja Pemerintah.

BACA JUGA: Ongkos Haji 2018 Diusulkan Naik Rp900.000

Sebelumnya, Kemenag mengusulkan kenaikan BPIH terutama komponen direct cost 1439 H/2018 naik sebesar Rp900.670 atau 2,58 persen dari BPIH 2017. Besaran living cost diusulkan menjadi 1.000 riyal per jamaah, namun kompensasinya frekuensi makan di Makkah diusulkan meningkat dari 25 kali pada 2017 menjadi 50 kali pada tahun 2018," ucap Menag saat Rapat Kerja bersama Komisi VIII DPR di Gedung DPR, Jakarta, Senin, 22 Januari 2018.

Menag menjelaskan, selain pembiayaan operasional penyelenggaraan ibadah haji yang bersumber dari direct cost, Pemerintah juga mengusulkan pembiayaan operasional penyelenggaraan haji pada 2018 yang sumber pembiayaannya berasal dari hasil optimalisasi setoran awal jamaah sebesar Rp5,89 triliun.

Komisi VIII awalnya menjadwalkan konferensi pers untuk menyampaikan hasil dari rapat kerja tersebut pada pukul 13.30 WIB. Hingga saat ini, rapat masih berlangsung.


Editor : Zen Teguh
source: http://www.inews.id/news/read/pemerintah-dpr-umumkan-biaya-ibadah-haji-2018
Berita Seputar Haji Pemerintah-DPR Umumkan Biaya Ibadah Haji 2018

Latest Berita Seputar Haji

Berita Haji Lainnya >
Multazam Utama Tour  Kenyamanan Merupakan Pendukung Suksesnya Penyelenggaraan Ibadah HajiMultazam Utama Tour : Kenyamanan Merupakan Pendukung Suksesnya Penyelenggaraan Ibadah Haji
Jakarta – Biro perjalanan ibadah haji dan umrah Multazam Utama Tour tahun 1440H/2019M akan memberangkatkan 159 jamaah haji. Para jamaah yang berangkat merupakan jamaah yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia.
Sepekan Kedepan, Tanah Suci Diperkirakan Dilanda Hujan Disertai Petir, Jamaah Haji Dihimbau Waspada
Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Arab Saudi memprediksi pada 27 Juli hingga sepekan ke depan, tanah suci akan diguyur hujan dengan intensitas ringan hingga lebat. Staf Informasi, Sosial, dan Budaya Fauzi Husni, mengatakan menurut prediksi hujan disertai petir akan melanda kawasan tanah suci baik di Makkah dan Madinah.

Jamaah Haji Dihimbau Tidak Gunakan Medsos Berlebihan
MADINAH -- Operator jaringan telepon Saudi berupaya memastikan konektivitas yang lebih baik selama haji tahun ini. Kendati demikian, Tabung Haji Malaysia memperingatkan jamaah tidak menggunakan media sosial secara berlebihan, terutama saat melaksanakan ritual ibadah selama di Tanah Suci.
PT TISAGA MULTAZAM UTAMA
Ruko Cempaka Mas Blok i/7
Jl. Let. Jend. Soeprapto
JAKARTA 10640
Logo
© Copyright 2018 Multazam. All Rights Reserved,
Jasa Pembuatan Website by IKTLink Mobile