Artikel

Sebaik-baiknya Pemimpin dalam Islam

Sebaik-baiknya Pemimpin dalam Islam

Assalamu Alaikum Wr.Wb
Keluarga Multazam Utama yang berbahagia, Rosululloh Sholallohu Alaihi Wa Salam bersabda :


أَلاَ كُلُّكُمْ رَاعٍ وَكُلُّكُمْ مَسْئُوْلٌ عَنْ رَعِيَّتِهِ


Setiap orang adalah pemimpin dan masing-masing kalian akan diminta pertanggungjawaban atas kepemimpinannnya. (HR. Shohih Bukhori)



Kekuasaan di dalam Islam adalah tanggung jawab dan hakikatnya kepemimpinan adalah amanat, titipan, kepercayaan dari Alloh Yang Maha Kuasa kepada hamba-hamba-Nya yang dikehendakinya. Dalam perspektif spiritual Islam, kepemimpinan Islam dimaknai sebagai kemampuan melaksanakan perintah dan meninggalkan larangan Alloh Subhanahu Wa Taala sehingga tercipta masyarakat Madani yang hidup damai antara sesama muslim dan non muslim.



Pemimpin yang baik berawal dari niat yang baik pula,sebagaimana sabda Rosululloh Sholallohu Alaihi Wa Salam :


إِنَّمَا الْأَعْمَالُ بِالنِّيَّةِ وَلِكُلِّ امْرِئٍ مَا نَوَىْ


Sesungguhnya amalan itu tergantung niatnya, dan seseorang hanya mendapatkan sesuai niatnya. (HR. Shohih Bukhari, Muslim)



Alloh Subhanahu Wa Taala telah menjelaskan peran seorang Pemimpin Umat yang baik dalam membimbing umat Islam didalam Al Quran.

Perhatikanlah beberapa ayat dan hadist tentang Kepemimpinan berikut ini :


وَجَعَلْنَاهُمْ أَئِمَّةً يَهْدُوْنَ بِأَمْرِنَا وَأَوْحَيْنَا إِلَيْهِمْ فِعْلَ الْخَيْرَاتِ وَإِقَامَ الصَّلاَةِ وَإِيتَاءَ الزَّكَاةِ وَكَانُوا لَنَا عَابِدِينَ


Dan Kami Alloh menjadikan mereka itu sebagai pemimpin-pemimpin yang memberi petunjuk dengan perintah Kami dan Kami wahyukan kepada mereka agar berbuat kebaikan, melaksanakan shalat, menunaikan zakat dan hanya kepada Kami mereka menyembah. (QS. Anbiya : 73)



Ayat ini menjelaskan tentang sosok pemimpin yang akan memberikan dampak kebaikan dalam kehidupan rakyat secara keseluruhan. Dalam ayat-ayat sebelum dan sesudah ayat ini dalam konteks menggambarkan para Nabi yang memberikan contoh keteladanan dalam membimbing umat ke jalan yang mensejahterakan umat lahir dan bathin. Tidak berlebihan jika dikatakan bahwa ayat ini merupakan landasan prinsip dalam mencari figur pemimpin ideal yang akan memberi kebaikan dan keberkahan bagi bangsa dimanapun dan kapanpun.



يَٰدَاوُدُ إِنَّا جَعَلْنَٰكَ خَلِيفَةً فِى ٱلْأَرْضِ فَٱحْكُمْ بَيْنَ ٱلنَّاسِ بِٱلْحَقِّ وَلَا تَتَّبِعِ ٱلْهَوَىٰ فَيُضِلَّكَ عَن سَبِيلِ ٱللَّهِ ۚ إِنَّ ٱلَّذِينَ يَضِلُّونَ عَن سَبِيلِ ٱللَّهِ لَهُمْ عَذَابٌ شَدِيدٌۢ بِمَا نَسُوْا يَوْمَ ٱلْحِسَابِ


Hai Daud, sesungguhnya Kami Alloh menjadikan kamu sebagai khalifah (penguasa) di muka bumi, maka berilah keputusan perkara di antara manusia dengan adil dan janganlah kamu mengikuti hawa nafsu, karena ia akan menyesatkan kamu dari jalan Alloh. Sesungguhnya orang-orang yang sesat dari jalan Alloh akan mendapat adzab yang berat, karena mereka melupakan hari perhitungan. (QS. Shad : 26)



Keadilan harus dirasakan oleh semua pihak dan golongan. Diantara bentuknya adalah dengan mengambil keputusan yang adil antara dua pihak yang berselisih, mengurus dan melayani semua lapisan masyarakat tanpa memandang agama, etnis, budaya, dan latar belakang.



Adapun sifat pokok yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin, termasuk yang Alloh jelaskan dalam surat As Sajadah :


وَجَعَلْنَا مِنْهُمْ أَئِمَّةً يَهْدُونَ بِأَمْرِنَا لَمَّا صَبَرُوْاۖ وَكَانُوْا بِـَٔايَٰتِنَا يُوقِنُوْنَ


Kami jadikan mereka pemimpin ketika mereka sabar/tabah. Kesabaran dan ketabahan dijadikan pertimbangan dalam mengangkat seorang pemimpin. Sifat ini merupakan syarat pokok yang harus ada dalam diri seorang pemimpin. (QS. As Sajadah 24)




وَأَنِ ٱحْكُمْ بَيْنَهُمْ بِمَآ أَنزَلَ ٱللَّهُ وَلَا تَتَّبِعْ أَهْوَآءَهُمْ وَٱحْذَرْهُمْ أَن يَفْتِنُوكَ عَنۢ بَعْضِ مَآ أَنزَلَ ٱللَّهُ إِلَيْكَ


Dan hendaklah kamu (Pemimpin) memutuskan perkara di antara mereka menurut apa yang diturunkan Alloh dan janganlah kamu mengikuti hawa nafsu mereka. Dan berhati-hatilah kamu terhadap mereka, supaya mereka tidak memalingkan kamu dari sebagian apa yang telah diturunkan Alloh kepadamu (QS. Maaidah :49).


إِنَّ ٱللَّهَ يَأْمُرُ بِٱلْعَدْلِ وَٱلْإِحْسَٰنِ وَإِيتَآئِ ذِىْ ٱلْقُرْبَىٰ وَيَنْهَىٰ عَنِ ٱلْفَحْشَآءِ وَٱلْمُنكَرِ وَٱلْبَغْىِ ۚ يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ


Sesungguhnya Alloh menyuruh (kamu Pemimpin) berlaku adil dan berbuat kebajikan, memberi kepada kaum kerabat dan Alloh melarang dari perbuatan keji, kemungkaran dan permusuhan. Dia memberi pelajaran kepadamu agar kamu dapat mengambil pelajaran. (QS. AN Nahl 90)



Rosululloh Sholallohu Alaihi Wa Salam telah menjelaskan keutamaan yang besar bagi Pemimpin yang baik kepada umat, sebagaimana sabda Rosululloh dibawah ini :


سَبْعَةٌ يُظِلُّهُمْ اللَّهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ فِي ظِلِّهِ يَوْمَ لَا ظِلَّ إِلَّا ظِلُّهُ إِمَامٌ عَادِلٌ


Ada tujuh macam orang yang akan bernaung dibawah naungan Alloh, pada hari tiada naungan kecuali naungan Alloh yang pertama yaitu Imam (pemimpin) yang adil. (HR. Shohih Bukhori)



إِنَّ أَحَبَّ النَّاسِ إِلَى اللَّهِ يَوْمَ الْقِيَامَةِ وَأَدْنَاهُمْ مِنْهُ مَجْلِسًا إِمَامٌ عَادِلٌ


Sesungguhnya manusia yang paling dicintai Alloh pada hari kiamat dan yang paling dekat kedudukannya di sisi Alloh adalah seorang pemimpin yang adil. (HR.Sunan Tirmidzi)



إِنَّ الْمُقْسِطِينَ عِنْدَ اللَّهِ عَلَى مَنَابِرَ مِنْ نُوْرٍ عَنْ يَمِينِ الرَّحْمَنِ عَزَّ وَجَلَّ وَكِلْتَا يَدَيْهِ يَمِينٌ الَّذِيْنَ يَعْدِلُونَ فِي حُكْمِهِمْ وَأَهْلِيْهِمْ وَمَا وَلُوْا


Sesungguhnya orang-orang yang berlaku adil, kelak disisi Alloh ditempatkan diatas mimbar dari cahaya, ialah mereka yang adil dalam hukum terhadap keluarga dan apa saja yang diserahkan (dikuasakan) kepada mereka. (HR. Shohih Muslim)



Akhir kata siapakah Pemimpin yang terbaik …? Yaitu yang telah disabdakan Rosululloh Sholallohu Alaihi Wa Salam :


خِيَارُ أَئِمَّتِكُمُ الَّذِيْنَ تُحِبُّونَهُمْ وَيُحِبُّوْنَكُمْ وَيُصَلُّوْنَ عَلَيْكُمْ وَتُصَلُّوْنَ عَلَيْهِمْ


Sebaik-baik pemimpin kalian adalah Pemimpin yang kalian mencintai mereka dan mereka pun mencintai kalian. Mereka mendo’akan kalian dan kalian pun mendo’akan mereka. (HR. Shohih Muslim)



Semoga bermanfaat bagi umat Islam di Indonesia.
Wassalamu Alaikum Wr.Wb


Sumber :
1. Al Quran Terjemahan Kementrian Agama
2. HR. Bukhori
3. HR. Muslim

Artikel Sebaik-baiknya Pemimpin dalam Islam

Latest Artikel

Berita Haji Lainnya >
Sebaikbaiknya Pemimpin dalam IslamSebaik-baiknya Pemimpin dalam Islam
Setiap orang adalah pemimpin dan masing-masing kalian akan diminta pertanggungjawaban atas kepemimpinannnya. (HR. Shohih Bukhori)

Kekuasaan di dalam Islam adalah tanggung jawab dan hakikatnya kepemimpinan adalah amanat, titipan, kepercayaan dari Alloh Yang Maha Kuasa kepada hamba-hamba-Nya yang dikehendakinya. Dalam perspektif spiritual Islam, kepemimpinan Islam dimaknai sebagai kemampuan melaksanakan perintah dan meninggalkan larangan Alloh Subhanahu Wa Taala sehingga tercipta masyarakat Madani yang hidup damai antara sesama muslim dan non muslim.
Ikhtiar dan Doa dalam Bekerja
Bekerja adalah bentuk amalan ibadah yang memiliki nilai lebih dimata Alloh Subhanahu Wa Taala dengan tujuan memberi nafkah keluarga, Alloh Subhanahu Wa Taala janjikan pahala untuk hambanya yang bekerja untuk menafkahi keluarga dan ikhlas lillahi ta’ala. Umat Islam diwajibkan untuk selalu bekerja keras
Menjaga Persatuan sebagai Prioritas Umat Islam
Nabi Muhammad Sholallohu Alaihi Wasalam adalah manusia yang sangat mulia, memiliki budi pekerti yang paling luhur. Kemuliaannya tidak hanya bisa dirasakan umat pada zamannya. Namun ratusan tahun setelah beliau wafat, beliau tetap menjadi panutan Umat Islam didunia.
PT TISAGA MULTAZAM UTAMA
Ruko Cempaka Mas Blok i/7
Jl. Let. Jend. Soeprapto
JAKARTA 10640
Logo
© Copyright 2018 Multazam. All Rights Reserved,
Jasa Pembuatan Website by IKTLink Mobile