Artikel

Nilai Kehidupan bagi Mukmin

Nilai Kehidupan bagi Mukmin


AssalamuAlaikum Wr.Wb
Keluarga Multazam Utama yang di cintai Alloh Subhanahu wa Taaala, perhatikanlah ayat di bawah ini :


قُلْ إِنَّ صَلَاتِي وَنُسُكِي وَمَحْيَايَ وَمَمَاتِي لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ


Katakanlah wahai Muhammad, sesungguhnya sholatku, ibadahku, hidupku, dan matiku hanyalah untuk Alloh Rabb semesta alam.(Q.S al-An’am : 162)



Ada beberapa kandungan dalam ayat di atas :

1. Perintah Alloh Subhanahu wa Taaala pada hambaNya untuk berkeyakinan bahwa sholatnya, hidupnya dan bahkan matinya hanyalah semata mata untuk Alloh. Ayat tersebut juga merupakan salah satu bagian doa iftitah sholat yang diajarkan Rosululloh Sholallohu Alaihi Wassalam.


2. Alloh Subhanahu wa Taaala merupakan satu-satunya Tuhan untuk semesta alam dan tidak ada sekutu bagi-Nya. Tidak ada sesuatupun yang setara dengan Alloh. Tidak ada satu pun makhluk yang dapat menandingi kekuasaanNya.


3. Alloh Subhanahu wa Taaala mewajibkan kepada seluruh umat manusia untuk ikhlas dalam berkeyakinan, beribadah, beramal. Selain amal, hidup, dan mati juga diniatkan secara ikhlas diserahkan hanya untukNya. Alloh yang telah menciptakan diri kita dan seluruh makhluk dan memberikan nyawa sehingga kita dapat merasakan kehidupan di dunia ini.



Kehidupan yang bernilai bagi seorang mukmin adalah kehidupan orang yang selalu beramal sholeh, merekalah yang sebenarnya merasakan manisnya kehidupan dan kebahagiaan yang hakiki karena hatinya yang selalu tenang, berbeda dengan orang-orang yang lalai dari Alloh yang selalu merasa gelisah. Walaupun mungkin dilihat kehidupan mereka begitu sederhana, namun jika dilihat jauh, akan diketahui bahwa merekalah orang-orang yang paling berbahagia



Alloh Ta’ala berfirman,


قُلْ يَا عِبَادِ الَّذِينَ آَمَنُوا اتَّقُوا رَبَّكُمْ لِلَّذِينَ أَحْسَنُوا فِي هَذِهِ الدُّنْيَا حَسَنَةٌ وَأَرْضُ اللَّهِ وَاسِعَةٌ إِنَّمَا يُوَفَّى الصَّابِرُونَ أَجْرَهُمْ بِغَيْرِ حِسَابٍ


Katakanlah : Hai hamba-hambaKu yang beriman, bertakwalah kepada Tuhanmu. Orang-orang yang berbuat baik di dunia ini memperoleh kebaikan. Dan bumi Alloh itu adalah luas. Sesungguhnya hanya orang-orang yang bersabarlah yang dicukupkan pahala mereka tanpa batas.(QS. Az Zumar: 10)



مَنْ عَمِلَ صَالِحًا مِنْ ذَكَرٍ أَوْ أُنْثَى وَهُوَ مُؤْمِنٌ فَلَنُحْيِيَنَّهُ حَيَاةً طَيِّبَةً


Barangsiapa yang mengerjakan amal saleh, baik laki-laki maupun perempuan dalam keadaan beriman, maka sesungguhnya akan Kami Alloh berikan kepadanya kehidupan yang baik. (QS. An Nahl: 97)



Dengan sholat, kita dapat memohon pertolongan atas ujian, cobaaan dan musibah yang kita alami. Alloh Subhanahu wa Taala berfirman :


يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُواْ اسْتَعِينُواْ بِالصَّبْرِ وَالصَّلاَةِ إِنَّ اللّهَ مَعَ الصَّابِرِينَ


Wahai orang-orang beriman, mintalah tolong kepada Alloh denga cara sholat dan bersabar, sesungguhnya Alloh bersama orang-orang yang sabar. (QS: Al- Baqarah: 153 )



Rosululloh Sholallohu Alaihi Wassalam selalu berdoa :


اللَّهُمَّ أَعِنِّى عَلَى ذِكْرِكَ وَشُكْرِكَ وَحُسْنِ عِبَادَتِكَ


Ya Alloh, tolonglah aku agar selalu berdzikir (mengingat) Mu, bersyukur padaMu dan memperbagus ibadah padaMu.” (HR. Abu Daud)



Bersyukur adalah melaksanakan ketaatan kepada Alloh, mendekatkan diri kepadaNya dengan rasa cinta lahir maupun batin sehingga syukur bukanlah hanya di lisan semata, namun haruslah direalisasikan dalam ketaatan dan amal perbuatan. Dan dalam berdzikir kepadaNya harus terdapat keimanan yang hakiki. Kedua perkara inilah tujuan diciptakannya jin dan manusia, juga langit dan bumi.



Kehidupan dunia terkadang membuat seseorang melalaikan akhirat dan Alloh sehingga hatinya menjadi gelap. Bagaimana dia akan dapat menghadap kehadirat Alloh, padahal dia belum bersih dari kelalaian. Marilah kita sebagai seorang mukmin menghayati nilai-nilai kehidupan agar hidup ini lebih bermanfaat.



Semoga Alloh membimbing kita menjadi hamba-hamba Alloh yang selalu ingat kepada Alloh …Amin
Wassalamu Alaikum Wr.Wb

Sumber :
1. Al Quran terjemahan Kementrian Agama
2. HR. Abu Daud

Artikel Nilai Kehidupan bagi Mukmin

Latest Artikel

Berita Haji Lainnya >
Mengapa Excellent Service Penting Bagi Setiap Jamaah Umroh dan HajiMengapa Excellent Service Penting Bagi Setiap Jamaah Umroh dan Haji
Assalamu Alaikum Wr.Wb
Bapak Ibu Keluarga Multazam Utama yang dibarokahi Alloh Subhanahu wa Taala, Indonesia adalah negara yang mayoritas penduduknya beragama Islam. Tidak heran, banyak penduduk Indonesia yang berangkat ibadah ke tanah suci setiap tahunnya. Indonesia selalu diberikan jatah keberangkatan haji paling banyak di antara negara-negara lainnya. Untuk perjalanan umroh, di Indonesia telah banyak Biro Travel Umroh terpercaya yang siap melayani ibadah Bapak Ibu ibadah di Tanah Suci Mekah salah satunya Multazam Utama Tour.
Kapankah Waktu Yang Tepat Berangkat Sholat Wajib
di Masjidil Harom
Masjidil Harom terletak di pusat kota Makkah. Kota kelahiran Rosululloh Muhammad SAW yang menjadi pusat berbagai aktivitas jamaah haji maupun umroh dari berbagai negara. Hal ini menjadikan kota Makkah sangat padat, baik musim haji maupun umroh. Di tengah Masjidil Harom terdapat Kabah sebagai kiblat sholat bagi seluruh umat Islam segala penjuru dunia. Setiap jamaah dipastikan ingin selalu ibadah di Masjidil Harom. Karena di sana ada aktivitas ibadah thowaf mengelilingi Kabah juga sai yang merupakan bagian dari rangkaian haji maupun umroh.
Keikhlasan dan Kesabaran dalam Beribadah
Kedudukan sabar dalam keimanan laksana kepala bagi seluruh tubuh., apabila kepala sudah terpotong maka tidak ada lagi kehidupan di dalam tubuh. Sabar merupakan pilar kebahagiaan bagi seorang hamba Alloh. Dengan kesabaran itulah seorang hamba Alloh akan terjaga dari kemaksiatan, konsisten menjalankan ketaatan, dan tabah dalam menghadapi berbagai macam cobaan.
PT TISAGA MULTAZAM UTAMA
Ruko Cempaka Mas Blok i/7
Jl. Let. Jend. Soeprapto
JAKARTA 10640
Logo
© Copyright 2018 Multazam. All Rights Reserved,
Jasa Pembuatan Website by IKTLink Mobile