Artikel

MERAIH KEMERDEKAAN DI BULAN SUCI RAMADHAN

MERAIH KEMERDEKAAN DI BULAN SUCI RAMADHAN

AssalamuAlaikum Wr.Wb
Keluarga Multazam Utama …
Bagi Umat Islam di Indonesia, Ramadhan lebih dari sekedar Istimewa. Ramadhan adalah saksi Sejarah puncak perjuangan kemerdekaan Para Ulama bersama umat Islam. Jumat, 9 Ramadhan 1364H (17 Agustus 1945) adalah hari dimana kita memproklasmasikan kemerdekaan Indonesia. Betapa Indah Alloh menghadiahkan Kemerdekaan bagi bangsa Indonesia pada hari Jumat dalam bulan Ramadhan.

Sebagai seorang hamba Alloh, kemerdekaan bukanlah semata terbebas dari penjajahan bangsa lain akan tetapi yang jauh lebih utama dari itu adalah manakala seorang hamba bisa terbebas dari segala hal yang menghalanginya dari beribadah pada Alloh Ta’ala. Terbebas dari segala sesuatu yang menjauhkannya dari surgaNya. Karena maksud dan tujuan hidup manusia adalah untuk beribadah. Alloh berfirman :

وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالْإِنْسَ إِلَّا لِيَعْبُدُونِ

Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan agar mereka beribadah kepada-Ku.(QS. Adh Dhariyat : 56)
Dan Alloh Ta’ala mengutus Nabi Muhammad untuk mendakwahkan syariat Islam ke seluruh alam. Alloh berfirman:

وَمَا أَرْسَلْنَاكَ إِلَّا رَحْمَةً لِلْعَالَمِينَ

Dan Kami tidak mengutus engkau (Muhammad) melainkan untuk (menjadi) rahmat bagi seluruh alam.(QS. Al Anbiya’ 107)
Pada bulan suci Ramadhan adalah saat yang tepat untuk memperbanyak kebaikan dan bertaubat, serta banyak berdoa dan memohon ampun dosa, karena setiap malam Alloh memerdekakan hambanya dari neraka. Rasululloh SAW bersabda:

إِذَا كَانَ أَوَّلُ لَيْلَةٍ مِنْ شَهْرِ رَمَضَانَ صُفِّدَتِ الشَّيَاطِينُ وَمَرَدَةُ الْجِنِّ وَغُلِّقَتْ أَبْوَابُ النَّارِ فَلَمْ يُفْتَحْ مِنْهَا بَابٌ وَفُتِّحَتْ أَبْوَابُ الْجَنَّةِ فَلَمْ
يُغْلَقْ مِنْهَا بَابٌ وَيُنَادِى مُنَادٍيَا بَاغِىَ الْخَيْرِ أَقْبِلْ وَيَا بَاغِىَ الشَّرِّ أَقْصِرْ وَلِلَّهِ عُتَقَاءُ مِنَ النَّارِ وَذَلِكَ كُلَّ لَيْلَةٍ

Ketika masuk hari pertama di bulan suci Ramadhan, syaithon- syaithon dan para jin yang durhaka itu dibelenggu, pintu-pintu neraka ditutup dan tidak ada satu pintu pun yang dibuka, pintu-pintu surga dibuka dan tidak ada satu pintu pun yang ditutup, dan berserulah seorang penyeru, “Wahai pencari kebaikan menghadaplah, wahai pencari kejelekan berhentilah’, dan Alloh memiliki hamba-hamba yang dibebaskan dari neraka, yang demikian itu pada setiap malam Ramadhan. (HR. Ibnu Majah)
Bulan suci Ramadhan adalah bulan penuh barokah sebagaimana Rasululloh SAW mengabarkan berita gembira kepada kaum muslimin tentang keutamaan bulan suci Ramadhan:

أَتَاكُمْ رَمَضَانُ شَهْرٌ مُبَارَكٌ فَرَضَ اللَّهُ عَلَيْكُمْ صِيَامَهُ تُفْتَحُ فِيهِ أَبْوَابُ السَّمَاءِ وَتُغَلَّقُ فِيهِ أَبْوَابُ الْجَحِيمِ وَتُغَلُّ فِيهِ مَرَدَةُ الشَّيَاطِينِ لِلَّهِ فِيهِ لَيْلَةٌ خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ شَهْرٍ مَنْ حُرِمَ خَيْرَهَا فَقَدْ حُرِمَ

Telah datang kepada kalian Ramadhan, bulan yang diberkahi, Alloh mewajibkan puasanya atas kalian, padanya pintu-pintu langit di buka, pintu-pintu neraka ditutup, setan-setan yang paling durhaka dibelenggu, dan Alloh memiliki satu malam padanya yang lebih baik dari seribu bulan, barangsiapa yang terhalangi kebaikannya maka sungguh ia telah benar-benar terhalangi.” [HR. Ahmad]

Bagaimanakah seorang Muslim meraih kemerdekaan dalam kehidupan…?
Jawabannya menetapi firman Alloh SWT :

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا ادْخُلُوا فِي السِّلْمِ كَافَّةً

Wahai orang-orang yang beriman, masuklah kamu ke dalam Islam secara keseluruhannya.” [QS.Al Baqoroh 208]
Ingatlah bahwa agama Islam telah sempurna sebagaimana Alloh berfirman :

الْيَوْمَ أَكْمَلْتُ لَكُمْ دِينَكُمْ وَأَتْمَمْتُ عَلَيْكُمْ نِعْمَتِي وَرَضِيتُ لَكُمُ الْإِسْلَامَ دِينًا

Pada hari ini telah Aku sempurnakan agamamu untukmu, dan telah Aku cukupkan nikmat-Ku bagimu, dan telah Aku ridhai Islam sebagai agamamu.(QS. Al Ma’idah 3)
Ketika seseorang telah mempu mengamalkan agama ini dengan sempurna, itulah orang merdeka yang hakiki.
Sebagaimana yang dicontohkan oleh Nabi Ibrahim,

إِنِّي وَجَّهْتُ وَجْهِيَ لِلَّذِي فَطَرَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ حَنِيفًا ۖ وَمَا أَنَا مِنَ الْمُشْرِكِينَ

Aku hadapkan wajahku kepada (Alloh) yang menciptakan langit dan bumi dengan penuh kepasrahan (mengikuti) agama yang benar, dan aku bukanlah termasuk orang-orang musyrik.(QS. Al-An’am 79)
Semoga bulan suci Ramadhan ini memberikan semangat kemerdekaan dalam beribadah.
Amiin
WassalamuAlaikum Wr.Wb

Sumber :
1. Al Quran terjemahan Kementrian Agama
2. HR. Ibnu Majah
3. HR. Ahmad





Artikel MERAIH KEMERDEKAAN DI BULAN SUCI RAMADHAN

Latest Artikel

Berita Haji Lainnya >
Mengapa Excellent Service Penting Bagi Setiap Jamaah Umroh dan HajiMengapa Excellent Service Penting Bagi Setiap Jamaah Umroh dan Haji
Assalamu Alaikum Wr.Wb
Bapak Ibu Keluarga Multazam Utama yang dibarokahi Alloh Subhanahu wa Taala, Indonesia adalah negara yang mayoritas penduduknya beragama Islam. Tidak heran, banyak penduduk Indonesia yang berangkat ibadah ke tanah suci setiap tahunnya. Indonesia selalu diberikan jatah keberangkatan haji paling banyak di antara negara-negara lainnya. Untuk perjalanan umroh, di Indonesia telah banyak Biro Travel Umroh terpercaya yang siap melayani ibadah Bapak Ibu ibadah di Tanah Suci Mekah salah satunya Multazam Utama Tour.
Kapankah Waktu Yang Tepat Berangkat Sholat Wajib
di Masjidil Harom
Masjidil Harom terletak di pusat kota Makkah. Kota kelahiran Rosululloh Muhammad SAW yang menjadi pusat berbagai aktivitas jamaah haji maupun umroh dari berbagai negara. Hal ini menjadikan kota Makkah sangat padat, baik musim haji maupun umroh. Di tengah Masjidil Harom terdapat Kabah sebagai kiblat sholat bagi seluruh umat Islam segala penjuru dunia. Setiap jamaah dipastikan ingin selalu ibadah di Masjidil Harom. Karena di sana ada aktivitas ibadah thowaf mengelilingi Kabah juga sai yang merupakan bagian dari rangkaian haji maupun umroh.
Keikhlasan dan Kesabaran dalam Beribadah
Kedudukan sabar dalam keimanan laksana kepala bagi seluruh tubuh., apabila kepala sudah terpotong maka tidak ada lagi kehidupan di dalam tubuh. Sabar merupakan pilar kebahagiaan bagi seorang hamba Alloh. Dengan kesabaran itulah seorang hamba Alloh akan terjaga dari kemaksiatan, konsisten menjalankan ketaatan, dan tabah dalam menghadapi berbagai macam cobaan.
PT TISAGA MULTAZAM UTAMA
Ruko Cempaka Mas Blok i/7
Jl. Let. Jend. Soeprapto
JAKARTA 10640
Logo
© Copyright 2018 Multazam. All Rights Reserved,
Jasa Pembuatan Website by IKTLink Mobile