Artikel

LIMA ( 5 ) TIPS SUKSES MENJALANI PUASA DI BULAN RAMADHAN

LIMA ( 5 ) TIPS SUKSES MENJALANI PUASA DI BULAN RAMADHAN

Assalamu Alaikum….

Keluarga Multazam yang berbahagia dan di rahmati oleh Alloh SWT.….

Bulan Suci Ramadhan telah tiba , Bulan yang penuh Barokah sesuai sabda Rasululloh :

َقَدْ جَاءَكُمْ شَهْرُ المُباَرَكْ


Artinya : Sungguh telah datang kepada kalian bulan yang penuh keberkahan.

Sebenarnya nama bulan Suci Ramadhan tidak hanya Bulan Mubarok , namun masih ada nama-nama bulan Suci Ramadhan yang lain diantaranya : Bulan Allah (Syahrullahi),Bulan Berpuasa (Syahrush-Shiyam),Bulan Kesabaran (Syahrush-Shabri, Bulan Al-Qur’an (Syahrul Qur’an), Bulan Tilawah (Syahrut Tilawah),Bulan Penunjuk (Syahrul Huda), Bulan Pengampunan (Syahrul Ghufran), Bulan Ibadah (Syahrul Ibadah), BulanPendidikan (Syahrut-Tarbiyah),Bulan Penuh Nikmat (Syahrul Ala’i), Bulan Penuh Kasih (Syahrur Rahman), Bulan Kebersamaan (Syahrul Ukhuwah),Bulan Pertolongan (Syahrul Muwasah), Bulan Kemenangan (Syahrul Fath),Bulan Keselamatan (Syahrun Najah), Bulan Memberi/Kedermawanan (Syahrul Jud), Bulan Hari Raya (Syahrul ‘Ied).

Segala amal kebaikan dilipatgandakan pahalanya dan segala amal kejelekan juga dilipatgandakan dosanya. Rasulloh bersabda :

فَاتَّقُوا شَهْرَ رَمَضَانَ ، فَإِنَّ الْحَسَنَاتَ تُضَاعَفُ فِيهِ مَا لا تُضَاعَفُ فِيمَا سِوَاهُ، وَكَذَلِكَ السَّيِّئَاتُ

Berhati-hatilah berbuat di bulan suci Ramadhan , sebab kebaikan akan dilipatgandakan pada selain Ramadhan demikian juga kejelekan ( HR. at Tabrani)

Ini saatnya bagi kaum muslimin untuk fastabiqul khoirat menabung pahala kebaikan sebanyak-banyaknya. Bulan Ramadan adalah momentum yang sangat tepat untuk meningkatkan ibadah kita ,dimana Allah SWT memberikan lipatan pahala yang sangat besar kepada hambanya. Kita sebagai hamba Alloh yang taqwa selayakya memacu diri dalam meningkatkan kualitas maupun kuantitas ibadah di bulan ini.



Ada Lima ( 5 ) Tips Sukses menjalani Puasa Ramadhan

1. Sukses Berpuasa Ramadhan

Alloh SWT mewajibkan orang Islam menjalankan ibadah puasa sebulan penuh, kecuali bagi mereka yang diperbolehkan untuk tidak berpuasa . Alloh berfirman :

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

Hai orang-orang yang beriman, telah diwajibkan atas kamu sekalian berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu dengan tujuan agar kamu sekalian bertakwa (QS. al Baqoroh 183)

مَنْ صَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

Barang siapa yang berpuasa di bulan suci Ramadhan dengan dasar keimanan dan mencari pahala maka dosa-dosa yang telah lewat diampuni.

بُنِيَ الْإِسْلَامُ عَلَى خَمْسٍ شَهَادَةِ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ وَأَنَّ مُحَمَّدًا رَسُولُ اللهِ وَإِقَامِ الصَّلَاةِ

وَإِيتَاءِ الزَّكَاةِ وَالْحَجِّ وَصَوْمِ رَمَضَانَ

Islam di bangun atas lima pondasi yaitu syahadat bahwa tidak ada Tuhan kecuali Allah dan Muhammad sebagai Rasulullah, menegakan sholat, menunaikan zakat, haji ke Baitulloh bagi yang mampu dan berpuasa Ramadhan.(HR. Muslim)

2. Sukses Menjalankan Sholat Tarawih

Sholat Tarawih merupakan bagian qiyamul lail, di dalam melaksanakan ibadah sholat sunnah tarawih sesuai kemampuan kita baik 11 rakaat maupun 23 rakaat.Rosulullah memberi motivasi orang islam agar selalu mengerjakan sholat tarawih :

مَنْ قَامَ رَمَضَانَ إِيْمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

Barang siapa yang berdiri (sholat tarawih) dengan dasar keimanan dan mencari pahala maka dosa-dosa yang telah lewat diampuni.( HR. Bukhori)

3. Sukses Tadarus Al-Qur’an

Sebagi orang Islam yang meyakini Al Qur’an sebagai pedomannya sudah selayaknya kita semangat membac Al Qur’an dan memehami kandungannya, apalagi di bulan suci Ramadhan kita berusaha membaca Al-Qur’an sampai khattam minimal satu kali bagi yang telah mampu membaca secara baik dan benar. Setiap huruf yang kita baca mendatangkan pahala yang dilipatgandakan , sesuai sabda Rosulullah :

مَنْ قَرَأَ حَرْفًا مِنْ كِتَابِ اللَّهِ فَلَهُ بِهِ حَسَنَةٌ وَالْحَسَنَةُ بِعَشْرِ أَمْثَالِهَا

Barang siapa yang membaca satu huruf dari Kitabillah maka baginya satu kebaikan dan kebaikan dilipatgandakan sepuluh kali lipat.

Rosulloh sendiri selalu tadarus al Qur’an dengan Malikat Jibril sampai khatam dua kali.


4. Sukses Meraih Keutamaan Lailatul Qodr

Alloh berfirman :

لَيْلَةُ الْقَدْرِ خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ شَهْرٍ

Beribadah di malam qodr itu lebih baik dari pada beribadah selama seribu bulan atau kurang lebih 83 tahun lebih(QS. al Qodr 3)

تَحَرَّوْا لَيْلَةَ الْقَدْرِ فِي الْوِتْرِ مِنَ الْعَشْرِ الْأَوَاخِرِ مِنْ رَمَضَانَ

Meraihlah pahala Lailatul Qodr di dalam malam ganjil dari sepuluh malam yang akhir dari bulan suci Ramadhan ( HR. Bukghori)

Umumnya orang islam di dalam meraih sukses lailatul qord dengan menjalankan i’tikaf (berdiam diri) di Masjid terutama pada sepuluh malam yang akhir dari bulan suci , Karena kita tidak tahu kapan turunnya Lailatul Qodar, maka strategi kita untuk mendapatkannya adalah meningkatkan amal ibadah pada sepuluh malam terakhir dengan melaksanakan i’tikaf. Dengan sukses i'tikaf, Insya Alloh kita akan mendapatkan keutamaan Lailatul Qodar.Bahkan ada hadits yang menjelaskan pahala I’tikaf sama dengan mengerjakan dua kali hai dan umrah

مَنِ اعْتَكَفَ عَشْرًا قِي رَمَضَانَ كَانَ كَحَجَّيْنِ وَعُمْرَتيْنِ

Barang siapa yang beri’tikaf sepuluh malam yang akhir bagaikan haji dan umrah dua kali.

5. Sukses Menunaikan Zakat Fitrah

Zakat Fitrah adalah kewajiban bagi orang Islam baik yang masih kecil maupun sudah dewasa baik kaya maupun miskin. Pahala berpuasa kita selam bulan suci akan terhalang selama belum menunaikan zakat fitrah, Rosulullah bersabda :



شَهْرُ رَمَضَانَ مُعَلَّقٌ بَيْنَ السَّمَاءِ وَاْلاَرْضِ وَلاَ يُرْفَعُ اِلىَ اللهِ اِلاَّ بِزَكَاةِ الْفِطْرِ

Ibadah bulan suci Ramdhan tergantung di antara langit dan bumi, tidak akan di angkat kepada Alloh kecuali dengan di tuanikan zakat fitrah ( HR. Ibnu Syahin)

Mamfaat zakat firah untuk membantu saudara muslim yang kurang beruntung agar dapat memenuhi kewajiban membayar zakat fitrah dan dapat merayakan hari Iedul Fitri. Setelah sebulan berlatih pengendalian diri, hati kita semestinya semakin peka untuk saling menolong sesama dan kita pun menjadi semakin dermawan.

Sungguh besar pahala yang akan diperoleh jika lima sukses ramadhan berhasil kita dapatkan. Sebaliknya, sungguh besar penyesalannya jika bulan ramadhan telah lewat dan lima sukses ramadhan tidak kita peroleh.

Alloh telah menjanjikan pahala yang besar bagi kaum muslimin yang sukses menjalankan ibadah puasa. Sebaliknya gambaran ruginya orang yang tidak sukses berpuasa di bulan suci Ramadhan dapat diilustrasikan oleh Sabda Rosulullah sebagai berikut :

رَغِمَ أَنْفُ رَجُلٍ دَخَلَ عَلَيْهِ رَمَضَانُ ثُمَّ انْسَلَخَ قَبْلَ أَنْ يُغْفَرَ لَهُ

Sungguh rugi sekali orang yang memasuki bulan suci Ramadhan sampai habis sebelum dosa-dosanya diampuni oleh Alloh( HR. Ahmad )

Kita tentu termasuk orang yang ingin mendapatkan pengampunan Alloh atas dosa-dosa yang telah kita perbuat dan tidak ingin rugi karena meninggalkan puasa meskipun hanya satu hari. Dengan meraih sukses beribadah puasa di bulan suci Ramadhan. Insya Alloh kita termasuk orang yang akan mendapatkan keuntungan di bulan suci Ramadhan.

Selamat berpuasa Ramadhan serta berlomba-lomba dalam menggapai sukses Ramadhan dan Semoga Alloh SWT memberikan ridhoNya kepada kita semua. Amiin.

Wassalamu Alaikum
Artikel LIMA ( 5 ) TIPS SUKSES MENJALANI PUASA DI BULAN RAMADHAN

Latest Artikel

Berita Haji Lainnya >
Keikhlasan dan Kesabaran dalam BeribadahKeikhlasan dan Kesabaran dalam Beribadah
Kedudukan sabar dalam keimanan laksana kepala bagi seluruh tubuh., apabila kepala sudah terpotong maka tidak ada lagi kehidupan di dalam tubuh. Sabar merupakan pilar kebahagiaan bagi seorang hamba Alloh. Dengan kesabaran itulah seorang hamba Alloh akan terjaga dari kemaksiatan, konsisten menjalankan ketaatan, dan tabah dalam menghadapi berbagai macam cobaan.
Ramadhan yang Dirindukan
Keluarga Multazam Utama yang diberkahi Alloh Subhanahu Wa Taala, tidak terasa kita sudah memasukki bulan suci Ramadhan, bulan yang penuh pengampunan, keberkahan. Imam Al Qurthubi menjelaskan asal nama Ramadhan
Nikmat Segelas Air Minum
Air membawa manfaat yang sangatlah besar bagi kehidupan. Air adalah salah satu sumber daya alam yang sangat di butuhkan bagi mahluk hidup. Air membantu aktivitas kehidupan bagi semua mahluk hidup terutama manusia. Manusia tidak dapat bertahan hidup berminggu-minggu dengan hanya mengkonsumsi makanan saja.
PT TISAGA MULTAZAM UTAMA
Ruko Cempaka Mas Blok i/7
Jl. Let. Jend. Soeprapto
JAKARTA 10640
Logo
© Copyright 2018 Multazam. All Rights Reserved,
Jasa Pembuatan Website by IKTLink Mobile