Artikel

DOA MUSTAJAB DI LAILATUL QODR

DOA MUSTAJAB DI LAILATUL QODR

AssalamuAlaikum Wr.Wb
Keluarga Multazam Utama …

Salah satu karunia Alloh SWT kepada kaum muslimin di malam-malam terakhir bulan suci Ramadhan adalah Lailatul Qodr, suatu malam yang nilainya lebih baik daripada seribu bulan, dimalam ini pula ketetapan seorang hamba baik kehidupan, rezeki dan keberkahannya dituliskan oleh Alloh SWT hingga setahun berikutnya, malam yang seluruhnya adalah kebaikan dan diliputi oleh rahmat Alloh SWT.

تَنَزَّلُ الْمَلَائِكَةُ وَالرُّوحُ فِيهَا بِإِذْنِ رَبِّهِم مِّن كُلِّ أَمْرٍ

Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan Malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. (QS. Al Qodr 4)
Rasululloh SAW dan para sahabatnya adalah menghidupkan sepuluh malam terakhir dari Ramadhan dengan beritikaf, memperbanyak ibadah kepada Alloh SWT demi menggapai kebaikan dan keberkahan didalamnya.

كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم يَجْتَهِدُ فِى الْعَشْرِ الأَوَاخِرِ مَا لاَ يَجْتَهِدُ فِى غَيْرِهِ.

Rasululloh SAW sangat bersungguh-sungguh pada sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan melebihi kesungguhan beliau di waktu yang lainnya. (HR. Muslim)
Dikatakan oleh istri tercinta beliau, ‘Aisyah Radhiyallohu ‘Anha,

كَانَ النَّبِىُّ – صلى الله عليه وسلم – إِذَا دَخَلَ الْعَشْرُ شَدَّ مِئْزَرَهُ وَأَحْيَا لَيْلَهُ وَأَيْقَظَ أَهْلَهُ

Ketika Nabi SAW memasuki sepuluh hari terakhir (bulan suci Ramadhan), beliau mengencangkan kainnya, menghidupkan malam-malam tersebut dan membangunkan keluarganya. (HR. Bukhari, Muslim )

أَنَّ اَلنَّبِيَّ صلى الله عليه وسلم كَانَ يَعْتَكِفُ اَلْعَشْرَ اَلْأَوَاخِرَ مِنْ رَمَضَانَ حَتَّى تَوَفَّاهُ اَللَّهُ ثُمَّ اعْتَكَفَ أَزْوَاجُهُ مِنْ بَعْدِهِ

Sesungguhnya Nabi SAW beri’tikaf di sepuluh malam terakhir dari bulan suci Ramadhan hingga beliau diwafatkan oleh Alloh. Lalu istri-istri beliau beri’tikaf setelah beliau wafat. (HR. Bukhari, Muslim)

Doa Lailatul Qodr
Rasululloh SAW mengajarkan doa jikalau kita bertemu dengan malam kemuliaan tersebut seperti hadist yang diceritakan oleh ‘Aisyah radhiyallohu ‘anha :

عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ قُلْتُ يَا رَسُولَ اللَّهِ أَرَأَيْتَ إِنْ عَلِمْتُ أَىُّ لَيْلَةٍ لَيْلَةُ الْقَدْرِ مَا أَقُولُ فِيهَا قَالَ قُولِى اللَّهُمَّ إِنَّكَ عَفُوٌّ كَرِبْمٌ تُحِبُّ الْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّى

Dari ‘Aisyah radhiyAllohu ‘anha-, beliu berkata, Aku pernah bertanya pada Rasululloh SAW, jika saja ada suatu hari yang aku tahu bahwa malam tersebut adalah Lailatul Qadr, lantas apa do’a yang kuucapkan? Jawab Rasullulloh SAW, “Berdo’alah: Allohumma innaka ‘afuwwun karim tuhibbul ‘afwa fa’fu’anni (Ya Alloh, Engkau Maha Pemaaf dan Engkau mencintai orang yang meminta maaf, karenanya maafkanlah aku).” (HR. Tirmidzi )

Yahya bin Mu’adz pernah berkata,

ليْسَ بِعَارِفٍ مَنْ لَمْ يَكُنْ غَايَةَ أَمَلَهُ مِنَ الَّله العَفْوَ

Bukanlah orang yang arif jika ia tidak pernah mengharap ampunan Alloh.
Hadits ‘Aisyah di atas juga menunjukkan bahwa do’a di malam Lailatul Qodr adalah do’a yang mustajab sehingga dia bertanya pada Rosul mengenai do’a apa yang mesti dipanjatkan di malam tersebut.

Semoga Alloh SWT memberi rizqi kita menjumpai Lailatul Qodr tahun ini juga setiap tahun.

Amien

WassalamuAlaikum Wr. Wb.

Sumber :
1. Al Quran terjemahan Kementrian Agama
2. HR. Bukhori
3. HR. Muslim
4. HR. Tirmidzi


Artikel DOA MUSTAJAB DI LAILATUL QODR

Latest Artikel

Berita Haji Lainnya >
Mengapa Excellent Service Penting Bagi Setiap Jamaah Umroh dan HajiMengapa Excellent Service Penting Bagi Setiap Jamaah Umroh dan Haji
Assalamu Alaikum Wr.Wb
Bapak Ibu Keluarga Multazam Utama yang dibarokahi Alloh Subhanahu wa Taala, Indonesia adalah negara yang mayoritas penduduknya beragama Islam. Tidak heran, banyak penduduk Indonesia yang berangkat ibadah ke tanah suci setiap tahunnya. Indonesia selalu diberikan jatah keberangkatan haji paling banyak di antara negara-negara lainnya. Untuk perjalanan umroh, di Indonesia telah banyak Biro Travel Umroh terpercaya yang siap melayani ibadah Bapak Ibu ibadah di Tanah Suci Mekah salah satunya Multazam Utama Tour.
Kapankah Waktu Yang Tepat Berangkat Sholat Wajib
di Masjidil Harom
Masjidil Harom terletak di pusat kota Makkah. Kota kelahiran Rosululloh Muhammad SAW yang menjadi pusat berbagai aktivitas jamaah haji maupun umroh dari berbagai negara. Hal ini menjadikan kota Makkah sangat padat, baik musim haji maupun umroh. Di tengah Masjidil Harom terdapat Kabah sebagai kiblat sholat bagi seluruh umat Islam segala penjuru dunia. Setiap jamaah dipastikan ingin selalu ibadah di Masjidil Harom. Karena di sana ada aktivitas ibadah thowaf mengelilingi Kabah juga sai yang merupakan bagian dari rangkaian haji maupun umroh.
Keikhlasan dan Kesabaran dalam Beribadah
Kedudukan sabar dalam keimanan laksana kepala bagi seluruh tubuh., apabila kepala sudah terpotong maka tidak ada lagi kehidupan di dalam tubuh. Sabar merupakan pilar kebahagiaan bagi seorang hamba Alloh. Dengan kesabaran itulah seorang hamba Alloh akan terjaga dari kemaksiatan, konsisten menjalankan ketaatan, dan tabah dalam menghadapi berbagai macam cobaan.
PT TISAGA MULTAZAM UTAMA
Ruko Cempaka Mas Blok i/7
Jl. Let. Jend. Soeprapto
JAKARTA 10640
Logo
© Copyright 2018 Multazam. All Rights Reserved,
Jasa Pembuatan Website by IKTLink Mobile