Artikel

Beribadah Haji dengan Suhu Panas Ekstrem Arab Saudi<br><br>

Beribadah Haji dengan Suhu Panas Ekstrem Arab Saudi

Assalamu Alaikum Wr.Wb
Keluarga Multazam Utama …

Al Hamdulillahi Robbil Alamin, segala puji bagi Allah. Shalawat dan Salam semoga terlimpah kepada Rasulullah SAW, keluarga dan para sahabatnya.

Hembusan angin kering dan debu berterbangan menemani udara panas yang berkisar lebih dari 40 derajat celcius. Kondisi ini langsung dirasakan Jamaah Haji setibanya di Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMMA) Madinah, di saat mereka keluar dari pintu pesawat. Pada musim Haji tahun ini, suhu di Arab Saudi diperkirakan sangat ekstrem berkisar antara 41-45 celcius.



Kasubsi Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Madinah, Ika Nurfarida Soleh, mengatakan Jamaah Haji harus memperbanyak minum air terutama air zamzam, menyemprot air wajah atau bagian tubuh, memakai masker basah, dan membawa payung atau peralatan penunjang lain saat bepergian ke manapun.



Dengan suhu ekstrem tersebut, jamaah haji dapat terkena gangguan kesehatan "heatstroke" atau sengatan panas. "Heat stroke" merupakan kondisi darurat seseorang yang naik sangat drastis akibat terpapar suhu tinggi dan cahaya matahari dalam waktu yang lama. Gejala umum yang menandai serangan sengatan panas seperti mual, kejang, kebingungan, disorientasi dan kadang-kadang kehilangan kesadaran.



Di lain tempat, Kepala Pusat Kesehatan Haji Kementerian Kesehatan Eka Jusup Singka mengimbau Jamaah Haji untuk banyak mengonsumsi air putih terutama air zamzam agar terhindar dari "heatstroke".



Jemaah haji diminta melakukan berbagai hal agar kondisi fisiknya tetap fit dan bisa beribadah dengan lancer tanpa terkendala gangguan kesehatan di antaranya adalah :



1. Menjaga Pola Hidup Sehat

Lakukan pola hidup yang sehat dengan mengkonsumsi makanan bergizi untuk menghindari terserangnya penyakit ketika haji karena kekebalan tubuh menurun juga melakukan latihan fisik seperti jalan kaki karena ibadah haji banyak berhubungan dengan jalan seperti tawaf, sai, maupun perjalanan ke Arofah.



2. Melakukan Pemeriksaan Kesehatan

Jamaah Haji yang memiliki penyakit hendaklah memeriksakan diri secara rutin. Rutinlah minum obat dari resep dokter untuk menjaga tubuh tetap stabil. Juga mintalah saran dokter untuk pertolongan pertama jika terjadi sesuatu ketika melakukan ibadah haji.



3. Perbanyaklah Minum terutama Air Zamzam
Pemerintah Arab Saudi selalu menyediakan air Zam-zam dan es batu untuk para Jamaah Haji setiap saat maka minumlah secara rutin. Usahakan tubuh tidak mengalami dehidrasi ketika pelaksanaan haji.

4. Perbanyak Konsumsi Buah
Buah-buahan merupakan sumber energi dan air yang baik. Buah adalah salah satu menu yang tersedia bagi Jamaah Haji Khusus, disamping menu lain yang disajikan.

5. Gunakan Kacamata Hitam

Gunakanlah kaca mata hitam ketika pelaksaan haji terutama ketika perjalanan ke Arofah, Muzdalifah dan Mina karena dengan teriknya matahari akan membuat Jamaah haji silau dan mata akan perih.



Semoga Alloh member kesehatan dan kekuatan semua Jamaah haji. Amien
Wassalamu Alaikum Wr.Wb

Sumber :
1. https://kemenag.go.id/
2. https://www.accuweather.com/
Artikel Beribadah Haji dengan Suhu Panas Ekstrem Arab Saudi<br><br>

Latest Artikel

Berita Haji Lainnya >
Mengapa Excellent Service Penting Bagi Setiap Jamaah Umroh dan HajiMengapa Excellent Service Penting Bagi Setiap Jamaah Umroh dan Haji
Assalamu Alaikum Wr.Wb
Bapak Ibu Keluarga Multazam Utama yang dibarokahi Alloh Subhanahu wa Taala, Indonesia adalah negara yang mayoritas penduduknya beragama Islam. Tidak heran, banyak penduduk Indonesia yang berangkat ibadah ke tanah suci setiap tahunnya. Indonesia selalu diberikan jatah keberangkatan haji paling banyak di antara negara-negara lainnya. Untuk perjalanan umroh, di Indonesia telah banyak Biro Travel Umroh terpercaya yang siap melayani ibadah Bapak Ibu ibadah di Tanah Suci Mekah salah satunya Multazam Utama Tour.
Kapankah Waktu Yang Tepat Berangkat Sholat Wajib
di Masjidil Harom
Masjidil Harom terletak di pusat kota Makkah. Kota kelahiran Rosululloh Muhammad SAW yang menjadi pusat berbagai aktivitas jamaah haji maupun umroh dari berbagai negara. Hal ini menjadikan kota Makkah sangat padat, baik musim haji maupun umroh. Di tengah Masjidil Harom terdapat Kabah sebagai kiblat sholat bagi seluruh umat Islam segala penjuru dunia. Setiap jamaah dipastikan ingin selalu ibadah di Masjidil Harom. Karena di sana ada aktivitas ibadah thowaf mengelilingi Kabah juga sai yang merupakan bagian dari rangkaian haji maupun umroh.
Keikhlasan dan Kesabaran dalam Beribadah
Kedudukan sabar dalam keimanan laksana kepala bagi seluruh tubuh., apabila kepala sudah terpotong maka tidak ada lagi kehidupan di dalam tubuh. Sabar merupakan pilar kebahagiaan bagi seorang hamba Alloh. Dengan kesabaran itulah seorang hamba Alloh akan terjaga dari kemaksiatan, konsisten menjalankan ketaatan, dan tabah dalam menghadapi berbagai macam cobaan.
PT TISAGA MULTAZAM UTAMA
Ruko Cempaka Mas Blok i/7
Jl. Let. Jend. Soeprapto
JAKARTA 10640
Logo
© Copyright 2018 Multazam. All Rights Reserved,
Jasa Pembuatan Website by IKTLink Mobile