Artikel

Adab-adab di dalam Masjid termasuk Masjidil Haram <br>berdasarkan Al Quran dan Sunnah<br>(Bagian 1)<br>

Adab-adab di dalam Masjid termasuk Masjidil Haram
berdasarkan Al Quran dan Sunnah
(Bagian 1)

Assalamu Alaikum Wr.Wb

Masjid merupakan rumah Allah yang berada di atas bumi. Allah menjadikan bumi sebagai tempat sujud bagi setiap muslim di dunia , Rasulullah ShallAllahu ‘Alaihi Wasallam bersabda :



وَجُعِلَتْ لِي الْأَرْضُ مَسْجِدًا وَطَهُورًا وَأَيُّمَا رَجُلٍ مِنْ أُمَّتِي أَدْرَكَتْهُ الصَّلَاةُ فَلْيُصَلِّ


Dan bumi dijadikan untukku sebagai tempat sujud dan suci maka dimana saja seorang laki-laki dari ummatKu mendapati waktu Sholat hendaklah segera Sholat.(HR, Bukhori)



وَجُعِلَتْ لَنَا الْأَرْضُ كُلُّهَا مَسْجِدًا وَجُعِلَتْ تُرْبَتُهَا لَنَا طَهُورًا إِذَا لَمْ نَجِدْ الْمَاءَ


Bumi dijadikan untuk kami semuanya sebagai masjid dan debu/tanahnya dijadikan suci untuk kami apabila kami tidak mendapatkan air/tayamum (HR. Muslim)



Ciri seorang muslim yang beriman adalah orang-orang yang senantiasa memakmurkan masjid dengan memperhatikan adab-adabnya sebagaimana diajarkan didalam al Qur’an dan Sunnah sebagai berikut :


1. Mengikhlaskan niat kepada Allah Ta’ala

Seseorang yang ingin ibadah ke masjid hendaknya mengikhlaskan niatnya sehingga Allah Ta’ala menerima ibadah yang ia lakukan di masjid. Karena sesungguhnya setiap amalan itu tergantung dari niatnya.



إِنَّمَا الْأَعْمَالُ بِالنِّيَّةِ وَلِكُلِّ امْرِئٍ مَا نَوَى


Amal ibadah itu tergantung niatnya dan seseorang hanya mendapatkan sesuai niatnya .(HR, Bukhori dan Muslim)

2. Berpakaian yang menutup Aurot
Sebagaimana perintah Allah Ta’ala dalam firman-Nya:


يَا بَنِي آدَمَ خُذُواْ زِينَتَكُمْ عِندَ كُلِّ مَسْجِدٍ


Hai anak Adam, pakailah pakaianmu setiap (memasuki) masjid (QS. AI-A’raf : 31)
Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman,


يَا بَنِي آدَمَ قَدْ أَنزَلْنَا عَلَيْكُمْ لِبَاسًا يُوَارِي سَوْءَاتِكُمْ وَرِيشًا وَلِبَاسُ التَّقْوَىَ ذَلِكَ خَيْرٌ ذَلِكَ مِنْ آيَاتِ اللّهِ لَعَلَّهُمْ يَذَّكَّرُونَ


Wahai anak Adam, sesungguhnya Kami telah menurunkan pakaian untuk menutupi auratmu dan perhiasan. Sedangkan pakaian taqwa itulah yang lebih baik. Yang demikian itu adalah sebahagian dari tanda-tanda kekuasaan Allah, mudah-mudahan mereka selalu ingat. (Qs. al-A'raf: 26)



3. Bersegera Menuju Rumah Allah Ta’ala
Bersegera menuju masjid merupakan salah satu ciri dari semangat seorang muslim untuk melakukan ibadah. Allah Ta’ala berfirman :


فَاسْتَبِقُوا الْخَيْرَاتِ


Maka berlomba-lombalah berbuat kebajikan.(QS. Al Ma’idah : 48)


وَسَارِعُوا إِلَى مَغْفِرَةٍ مِنْ رَبِّكُمْ وَجَنَّةٍ عَرْضُهَا السَّمَوَاتُ وَالْأَرْضُ أُعِدَّتْ لِلْمُتَّقِينَ


Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Tuhanmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertakwa.” (QS. Ali Imron : 133)



Jika waktu sholat telah tiba, hendaklah seorang muslim bersegera menuju masjid. Ingatlah Rasulullah ShallAllahu’alaihi Wasallam bersabda :


لَوْ يَعْلَمُ النَّاسُ مَا فِى النِّدَاءِ وَالصَّفِّ الأَوَّلِ ثُمَّ لَمْ يَجِدُوا إِلاَّ أَنْ يَسْتَهِمُوا عَلَيْهِ لاَسْتَهَمُوا


Seandainya setiap orang tahu keutamaan adzan dan shaf pertama, kemudian mereka ingin memperebutkannya, tentu mereka akan memperebutkannya dengan berundi.(HR, Bukhori dan Muslim)



خَيْرُ صُفُوفِ الرِّجَالِ أَوَّلُهَا وَشَرُّهَا آخِرُهَا وَخَيْرُ صُفُوفِ النِّسَاءِ آخِرُهَا وَشَرُّهَا أَوَّلُهَا


Shaf yang terbaik bagi laki-laki adalah shaf pertama, yang paling jelek adalah shaf terakhir(HR. Muslim)


4. Berjalan Menuju Masjid Dengan Tenang dan Sopan

Rasulullah ShallAllahu’alaihi Wasallam melarang umatnya berjalan menuju Sholat secara tergesa-gesa walaupun Sholat sudah didirikan.

Abu Qatadah RadhiAllahu’Anhu berkata, Saat kami sedang Sholat bersama Rasulullah ShallAllahu’alaihi Wasallam, tiba-tiba beliau mendengar suara kegaduhan beberapa orang. Sesudah menunaikan Sholat beliau mengingatkan,



إِذَا أَتَيْتُمْ إِلَى الصَّلاَةِ فَعَلَيْكُمْ بِاالسَّكِيْنَةِ فَمَا أَدْرَكْتُمْ فَصَلُّوْا وَمَا فَاتَكُمْ فَأَتِمُّوْا


Apabila kalian mendatangi sholat maka hendaklah berjalan dengan tenang, dan rakaat yang kalian dapatkan Sholatlah dan rakaat yang terlewat sempurnakanlah. .(HR, Bukhori)



5. Mengerjakan Sholat Sunnah Tahiyatul Masjid

Di antara adab ketika memasuki masjid adalah melaksanakan Sholat sunnah dua rakaat sebelum duduk. Sholat ini diistilahkan para Ulama dengan Sholat sunnah tahiyatul masjid. Rasulullah ShallAllahu’alaihi Wasallam bersabda :



إِذَا دَخَلَ أَحَدُكُمْ الْمَسْجِدَ فَلْيَرْكَعْ رَكْعَتَيْنِ قَبْلَ أَنْ يَجْلِ


Ketika salah seorang dari kalian masuk masjid, maka hendaklah dia Sholat dua rakaat sebelum dia duduk. (HR. Muslim)

Yang dimaksud dengan tahiyatul masjid adalah Sholat dua rakaat sebelum duduk di dalam masjid. Sholat sunnah tahiyatul masjid bisa dikerjakan satu niat dengan Sholat sunnah bada wudhu, Sholat sunnah rawatib qobliyah.


Syariat ini juga berlaku untuk semua masjid, termasuk masjidil haram. Tahiyatul masjid disyariatkan pada setiap waktu seseorang itu masuk masjid dan ingin duduk di dalamnya.



Semoga kita di anugerahi semangat ibadah di dalam masjid …Amin

Sumber :
1. Al Quran terjemahan Kementrian Agama
2. HR. Bukhori
3. HR. Muslim
Artikel Adab-adab di dalam Masjid termasuk Masjidil Haram <br>berdasarkan Al Quran dan Sunnah<br>(Bagian 1)<br>

Latest Artikel

Berita Haji Lainnya >
Mengapa Excellent Service Penting Bagi Setiap Jamaah Umroh dan HajiMengapa Excellent Service Penting Bagi Setiap Jamaah Umroh dan Haji
Assalamu Alaikum Wr.Wb
Bapak Ibu Keluarga Multazam Utama yang dibarokahi Alloh Subhanahu wa Taala, Indonesia adalah negara yang mayoritas penduduknya beragama Islam. Tidak heran, banyak penduduk Indonesia yang berangkat ibadah ke tanah suci setiap tahunnya. Indonesia selalu diberikan jatah keberangkatan haji paling banyak di antara negara-negara lainnya. Untuk perjalanan umroh, di Indonesia telah banyak Biro Travel Umroh terpercaya yang siap melayani ibadah Bapak Ibu ibadah di Tanah Suci Mekah salah satunya Multazam Utama Tour.
Kapankah Waktu Yang Tepat Berangkat Sholat Wajib
di Masjidil Harom
Masjidil Harom terletak di pusat kota Makkah. Kota kelahiran Rosululloh Muhammad SAW yang menjadi pusat berbagai aktivitas jamaah haji maupun umroh dari berbagai negara. Hal ini menjadikan kota Makkah sangat padat, baik musim haji maupun umroh. Di tengah Masjidil Harom terdapat Kabah sebagai kiblat sholat bagi seluruh umat Islam segala penjuru dunia. Setiap jamaah dipastikan ingin selalu ibadah di Masjidil Harom. Karena di sana ada aktivitas ibadah thowaf mengelilingi Kabah juga sai yang merupakan bagian dari rangkaian haji maupun umroh.
Keikhlasan dan Kesabaran dalam Beribadah
Kedudukan sabar dalam keimanan laksana kepala bagi seluruh tubuh., apabila kepala sudah terpotong maka tidak ada lagi kehidupan di dalam tubuh. Sabar merupakan pilar kebahagiaan bagi seorang hamba Alloh. Dengan kesabaran itulah seorang hamba Alloh akan terjaga dari kemaksiatan, konsisten menjalankan ketaatan, dan tabah dalam menghadapi berbagai macam cobaan.
PT TISAGA MULTAZAM UTAMA
Ruko Cempaka Mas Blok i/7
Jl. Let. Jend. Soeprapto
JAKARTA 10640
Logo
© Copyright 2018 Multazam. All Rights Reserved,
Jasa Pembuatan Website by IKTLink Mobile