Assalamu Alaikum Wr.Wb

Keluarga Multazam Utama yang selalu dirahmati Alloh SWT, prosesi Haji sudah selesai namun masih meninggalkan peristiwa-peristiwa yang terkadang terlewatkan oleh Jamaah Haji, termasuk penggantian Kiswah Ka’bah yang selalu dilakukan pada setiap hari Arafah tanggal 9 Dzulhijjah setiap tahun bertepatan dengan Jamaah Haji menjalani ibadah wukuf Arofah.

Dikutip dari Saudigazette, Senin (04/09), Kiswah Ka’bah terdiri dari lima bagian, yaitu: empat sisi Kabah dan tirai pintunya. Kain Kiswah Ka’bah  terbuat dari sutra import. Untuk membuat Kiswah Ka’bah  ini, dibutuhkan hampir 650 kg sutra murni.

Kiswah Ka’bah  ini dirancang khusus lebih dari 200 karyawan Arab Saudi di sebuah pabrik yang didirikan oleh Kerajaan Saudi Arabiya di wilayah Umm Al-Joud, Makkah. Kiswah Ka’bah memiliki tinggi 14 meter dan lebar 47 meter. Bagian atasnya dihiasi ayat-ayat Alquran selebar 95 cm, bertuliskan benang perak berlapis emas yang memiliki berat 120 kg.

Atas nama Penjaga Dua Masjid Haram, Raja Salman, Emir Makkah dan Penasehat Penjaga Dua Masjid Suci Pangeran Khaled Al-Faisal telah menyerahkan Kiswah Ka’bah  baru ini kepada senior Penjaga Ka’bah Saleh Al-Shaibi. Penyerahan itu dilakukan di sebuah upacara yang berlangsung di kantor Emirat di Jeddah pada 23 Agustus lalu (1 Zulhijjah).

Menurut Kepala Daerah Kerja Makkah Nasrullah Jasam, Kiswah Ka’bah  yang lama nantinya akan dipresentasikan sebagai hadiah untuk negara-negara Muslim dan tokoh-tokoh Muslim senior.

Semoga bermanfaat, Amin

Wassalamu Alaikum Wr.Wb

 

Sumber : Saudi Gazette