Assalamu Alaikum Wr.Wb

Keluarga Multazam Utama yang di beri berkah dan rahmat oleh Alloh SWT, musim haji telah tiba. Calon Jamaah Haji mempersiapkan hal-hal yang diperlukan selama rihlah muqoddas di tanah suci Makkah Madinah.

Ibadah haji merupakan ibadah yang diwajibkan bagi umat Islam yang telah mampu. Yang dimaksud mampu adalah mampu jalan ke Baitulloh dan  dalam segala hal. Karena ibadah haji merupakan ibadah yang sangat membutuhkan banyak persiapan, tidak hanya persiapan dari segi finansial saja, akan tetapi juga persiapan diri baik itu secara fisik maupun secara mental.

A. PERSIAPAN JASMANI

Dalam Ibadah haji pelaksanaannya melibatkan perpaduan antara kegiatan fisik dan mental. Bahkan ada tiga ritual haji yang mutlak memerlukan ketangguhan fisik yang prima yaitu :  Thawaf, Sa’i, dan Wukuf Arofah , Mabit di Mina melontar Jumrah.

Untuk itu, setiap jemaah haji perlu memperhatikan hal-hal di bawah ini :

  1. Lakukan Olahraga Secara Rutin
  2. Menciptakan dan memelihara kondisi fisik agar tetap prima dengan memperhatikan makanan dengan gizi yang seimbang.
  3. Melatih diri dengan berjalan kaki setiap pagi agar otot menjadi lentur karena pada praktiknya ibadah haji dilakukan dengan berjalan, baik siang maupun malam hari.
  4. Melatih diri dengan berjalan di bawah terik matahari. Latihan semacam ini dipandang cukup penting untuk menghadapi terik matahari saat menunaikan ibadah haji .
  5. Memeriksakan kesehatan terutama jemaah haji yang mempunyai penyakit khusus, seperti penyakit jantung, hipertensi, maag, asma, dan penyakit lainnya.
  6. Mengkonsumsi Suplemen Haji seperti untuk membantu meningkatkan stamina yang prima.

B. PERSIAPAN ROHANI

Usaha ini bertujuan agar perjalanan haji ini bisa berlangsung dengan baik dan lancar serta berharap ibadah hajinya memperoleh haji mabrur dan mendapat ridho Allah SWT.

  1. Ikhlas

Luruskan niat dan kobarkan semangat dengan perasaan tulus dan ikhlas bahwa menunaikan ibadah haji hanya melaksanakan perintah Allah dan mengharapkan ridho-Nya semata. Hindarkan diri dari perasaan riya, ingin dipuji, takabur, sombong, merasa ujub serta sifat-sifat buruk lainnya.

  1. Sabar

Sikap sabar  mulai diuji begitu seseorang memutuskan untuk berangkat ke tanah suci terutama di tanah suci apalagi, saat berkumpulnya jutaan jemaah dengan berbagai sifat, tabiat, dan kebiasaan yang berbeda tentu akan ada perilaku yang bisa membuat jemaah marah.

  1. Saling membantu sesama Jamaah Haji

Orang yang menolong orang lain dengan ikhlas segala urusannya akan mudah, dan akan terhindar dari berbagai kesulitan.

  1. Bersihkan dan Sucikan Diri

Maksudnya adalah membersihkan dan menyuckan diri secara rohani adalah bertobat dan memohon ampun kepada Allah SWT juga meminta maaf  kepada keluarga selain menertibkan ibadah sehari-hari.

  1. Bimbingan Manasik Haji

Setiap Calon haji supaya menguasai manasik haji secara penuh, namun bagi jamaah yang merasa masih terdapat kekurangan dalam pemahaman Mansik Haji,  nanti ada Muthowif  atau pembimbing yang akan mengarahkan terhadap calon jamaah haji yang bersangkutan agar hajinya tidak menyimpang dari aturan.

  1. Memperbanyak Doa

Salah satu Doa agar mendapat Haji Mabrur adalah  Allohumma ballighna Makkahta wal Madinata Warzuqna Hajjal mabrur ( Ya Alloh sampaikanlan kami ke Makkah Madinah dan berilah kami rizqi haji yang mabrur)

  1. Menghafal Doa Sholat Jenazah

Pada musim haji, baik di Masjidil Haram maupun di Masjid Nabawi hampir setiap sholat wajib diiringi dengan sholat jenazah. Oleh karena itu bagi yang belum mengetahui tata cara pelaksanaan sholat jenazah atau belum hafal doanya, dianjurkan untuk mempelajari serta menghafalkannya sebelum berangkat ke tanah suci.

Semoga bermanfaat…Amin

Wassalamu Alaikum