Masjid Kubah Shakhrah  dalam bahasa Arab  مسجد قبة الصخرة atau dalam bahasa Inggris disebut Dome of the Rock, arti harfiah: Kubah Batu adalah tempat suci umat  Islam serta marka tanah utama yang terletak di tengah-tengah di dalam tembok kompleks Al-Haram Asy-Syarif. Kompleks ini sendiri berada dalam tembok Kota Lama Yerusalem (Yerusalem Timur). Kubah Shakhrah ini selesai didirikan pada tahun 691 Masehi, menjadikannya bangunan Islam tertua yang masih ada di dunia. Di dalam kubah ini terdapat batu Ash-Shakhrah yang menjadi tempat suci bagi umat umat Islam.

Di sinilah Nabi Muhammad di yakini umat Islam pernah melakukan perjalanan mi’raj menuju surga setelah terlebih dulu melakukan perjalanan dari Masjidil Haram Mekah. Ada kepercayaan di kalangan kaum muslimin tentang batu yang menjadi titik tolak Nabi Muhammad melakukan Mi’raj ke langit. Batu ini berada di Yerusalem, Palestina yang berada di wilayah yang sekarang disebut sebagai Haram al Quds al Syarif atau Kawasan Suci dan Mulia.

Di bagian dalam bangunan, tepat di bawah kubah batu terdapat sebuah gua kecil. Di sisi kirinya terdapat mihrab kecil yang menunjukkan arah kiblat, ke arah Mekah. Gua ini dikenal dengan sebutan The Well of Souls’ (Bir Al-Arwah) karena sebagian orang percaya, di sinilah kelak arwah-arwah orang yang telah mati berkumpul untuk menunggu hari kiamat. Namun, ini hanya sebuah mitos yang akhirnya berkembang di masyarakat.

Ketika Khalifah Abdul Malik bin Marwan berkuasa, ia memerintahkan pembangunan Qubah As Shakhra (Kubah Batu) di tahun 685 M yang melindungi batu tersebut dan para pengunjungnya dari terik dan dingin. Uang sebanyak 10,000 dinar emas kemudian dilebur untuk melapisi bagian luar kubah tersebut. Jadi, Masjid Kubah Emas atau Qubah ash Shakhra inilah yang melingkupi batu tersebut hingga kini.

 

Sumber : Kitab al-Isro’ wal Mikroj dan Wikipedia