Assalamu Alaikum….

Keluarga Multazam Utama yang berbahagia dan dirahmati oleh Alloh SWT.….

Bulan Suci Ramadhan adalah Bulan yang penuh Barokah, Bulan yang mana Pintu Surga selalu dibuka  dan Pintu Neraka ditutup sesuai sabda Rasululloh :

قَدْ جَاءَكُمْ شَهْرُ المُباَرَكْ

Artinya : Sungguh telah datang kepada kalian bulan yang penuh keberkahan.

إِذَا كَانَ أَوَّلُ لَيْلَةٍ مِنْ شَهْرِ رَمَضَانَ صُفِّدَتِ الشَّيَاطِينُ وَمَرَدَةُ الْجِنِّ وَغُلِّقَتْ أَبْوَابُ النَّارِ فَلَمْ يُفْتَحْ مِنْهَا بَابٌ وَفُتِّحَتْ أَبْوَابُ الْجَنَّةِ فَلَمْ يُغْلَقْ مِنْهَا بَابٌ وَيُنَادِى مُنَادٍ يَا بَاغِىَ الْخَيْرِ أَقْبِلْ وَيَا بَاغِىَ الشَّرِّ أَقْصِرْ

Apabila datang awal malam dari bulan Ramadhan, maka syaithon- syaithon dan jin-jin yang jahat dibelenggu, pintu-pintu Neraka ditutup tidak ada satu pintupun yang terbuka, sedangkan pintu-pintu Surga dibuka tidak ada satu pintupun yang ditutup. Dan ada seruan: ‘Wahai orang yang menginginkan kebaikan kemarilah, Wahai orang-orang yang menginginkan kejelekan berhentilahlah.(HR. At-Tirmidzi)

Lipatan pahala telah dijanjikan oleh Alloh SWT bagi umat Islam yang menjalankan Puasa Ramadhan :

كُلُّ عَمَلِ ابْنِ آدَمَ يُضَاعَفُ ، الْحَسَنَةُ بِعَشْرِ أَمْثَالِهَا , إِلَى سَبْعِ مِئَةِ ضِعْفٍ , إِلَى مَا شَاءَ اللَّهُ ، يَقُولُ اللَّهُ : إِلاَّ الصَّوْمَ ؛ فَإِنَّهُ لِي وَأَنَا أَجْزِي بِهِ ، يَدَعُ شَهْوَتَهُ , وَطَعَامَهُ مِنْ أَجْلِي

Setiap amalan kebaikan yang dilakukan oleh manusia akan dilipatgandakan dengan sepuluh kebaikan yang semisal hingga tujuh ratus kali lipat. Allah Ta’ala berfirman (yang artinya), “Kecuali amalan puasa. Amalan puasa tersebut adalah untuk-Ku. Aku sendiri yang akan membalasnya. Disebabkan dia telah meninggalkan syahwat dan makanan karena-Ku. (HR. Bukhari dan Muslim)

Namun perlu diingat bahwa tidak hanya kebaikan yang di lipatgandakan namun kejelekan juga dilipatgandakan dosanya. Rasululloh bersabda :

فَاتَّقُوا شَهْرَ رَمَضَانَ ، فَإِنَّ الْحَسَنَاتَ تُضَاعَفُ فِيهِ مَا لا تُضَاعَفُ فِيمَا سِوَاهُ، وَكَذَلِكَ السَّيِّئَاتُ

Berhati-hatilah berbuat di bulan suci Ramadhan , sebab kebaikan akan dilipatgandakan pada selain Ramadhan demikian juga kejelekan ( HR. at Tabrani)

 

Ini saatnya bagi kaum muslimin untuk fastabiqulkhoirat menabung pahala kebaikan sebanyak-banyaknya

Ada Lima ( 5 ) Tips Sukses menjalani Ibadah Puasa Ramadhan yaitu :

  1. Sukses Berpuasa Ramadhan

Alloh SWT mewajibkan orang Islam menjalankan ibadah puasa sebulan penuh, kecuali bagi mereka yang diperbolehkan untuk tidak berpuasa. Alloh berfirman :

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ

لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

Hai orang – orang yang beriman, telah diwajibkan atas kamu sekalian berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang – orang sebelum kamu dengan tujuan agar kamu sekalian bertakwa (QS. al Baqoroh 183)

مَنْ صَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

Barang siapa yang berpuasa di bulan suci Ramadhan dengan dasar keimanan dan mencari pahala maka dosa-dosa yang telah lewat diampuni.

  1. Sukses menjalankan Sholat Tarawih

Sholat Tarawih merupakan bagian qiyamullail, Rosulullah memberi motivasi orang islam agar selalu mengerjakan sholat tarawih :

مَنْ قَامَ رَمَضَانَإِيْمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

Barang siapa yang berdiri (sholat tarawih)  dengan dasar keimanan dan mencari pahala maka dosa – dosa yang telah lewat diampuni.( HR. Bukhori)

  1. Sukses Tadarus Al-Qur’an

Sebagai orang Islam yang meyakini Al Qur’an sebagai pedomannya sudah selayaknya kita semangat membaca Al Qur’an dan memahami kandungannya, apalagi di bulan suci Ramadhan kita berusaha membaca Al-Qur’an sampai khattam minimal satu kali bagi yang telah mampu membaca secara baik dan benar. Setiap huruf yang kita baca mendatangkan pahala yang dilipatgandakan , sesuai sabda Rosulullah :

مَنْ قَرَأَ حَرْفًا مِنْ كِتَابِ اللَّهِ فَلَهُ بِهِ حَسَنَةٌ وَالْحَسَنَةُ بِعَشْرِ أَمْثَالِهَا

Barang siapa yang membaca satu huruf dari Kitabillah maka baginya satu kebaikan dan kebaikan dilipatgandakan sepuluh kali lipat.(HR. Tirmidzi)

  1. Sukses meraih Keutamaan Lailatul Qodr

Alloh berfirman :

إِنَّا أَنْزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةِ الْقَدْرِ  وَمَا أَدْرَاكَ مَا لَيْلَةُ الْقَدْرِ  لَيْلَةُ الْقَدْرِ خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ شَهْرٍ

Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Quran) pada malam kemuliaan dan tahukah kamu Apakah malam kemuliaan itu yaitu malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. (QS. al Qodr 3)

  1. Sukses menunaikan Zakat Fitrah

Zakat Fitrah adalah kewajiban bagi orang Islam baik yang masih kecil maupun sudah dewasa baik kaya maupun miskin. Pahala berpuasa kita selama bulan suciakan terhalang selama belum menunaikan zakat fitrah, Rosulullah bersabda :

شَهْرُ رَمَضَانَ مُعَلَّقٌ بَيْنَ السَّمَاءِ وَاْلاَرْضِ وَلاَ يُرْفَعُ اِلىَ اللهِ اِلاَّ بِزَكَاةِ الْفِطْرِ

Ibadah bulan suci Ramdhan tergantung di antara langit dan bumi, tidak akan di angkat kepada Alloh kecuali dengan di tuanikan zakat fitrah (HR. Ibnu Syahin)

Dengan meraih sukses beribadah puasa di bulan suci Ramadhan. Insya Alloh kita termasuk orang yang akan mendapatkan keuntungan di sisi Alloh.

Selamat berpuasa. Semoga Alloh SWT memberikan ridho dan barokah kepada kita semua. Amiin.

Wassalamu Alaikum