Assalamu Alikum Wr.Wb

Keluarga Multazam Utama…

Segala puji bagi Allah yang telah memberi anugerah Kejayaan Islam di Eropa khususnya Spanyol. Madrid adalah ibu kota dan kota terbesar di Spanyol. Wilayah Madrid telah dihuni sejak zaman kuno. Kota ini terletak di Sungai Manzanares di bagian tengah negara Spanyol. Jumlah penduduk kota seluas 607 km² ini adalah sekitar 3,5 juta jiwa, sedangkan kota metropolitannya dihitung dapat mencapai 6 juta jiwa.  Madrid itu berasal dari pemukiman kecil orang-orang Romawi yang dibangun di tepi Sungai Manzanares.

Letak dan sejarah Madrid membuatnya menjadi pusat kegiatan finansial dan politik di Semenanjung Iberia, terlebih setelah kembalinya demokrasi pada 1975 dan integrasi ke dalam Uni Eropa. Penduduk Madrid sering juga disebut madrileños. Di kompleks masjid yang sekaligus menjadi pusat kegiatan Islam terdapat museum kecil tentang Islam, termasuk mushaf Al Quran Indonesia.

Namun, tahukah Bapak Ibu kalau nama Madrid bukan nama asli dari penduduk setempat?

Nama Madrid sendiri tidak berasal dari bahasa Spanyol, melainkan dari bahasa Arab, yakni Al Majrith. Al Majrit sendiri berarti ‘tempat air memancar’, ‘sumber air’, atau ‘sumber saluran air’. Disebut Al Majrith karena Madrid di dekat istana yang dibangun Sultan Muhammad I terdapat sungai Manzanares, yang oleh bangsa Arab disebut al-Majrith.

Sungai Manzanares menjadi sumber air utama. Lalu seiring berjalannya waktu, ada pergeseran fonologis, nama al-Majrit berubah menjadi Madrid. Nama Madrid ini menjadi salah satu dari sekian banyak bukti pengaruh Arab-Islam di Spanyol, di samping sistem sosial, bangunan istana, perpustakaan, dan warisan peradaban lainnya.

Pada masa kejayaan Islam di Andalusia banyak lahir cendikiawan Islam terkenal. Sampai sekarang ilmu mereka menjadi acuan para ilmuwan dunia, seperti Avicena alias Ibnu Sina (pakar ilmu kedokteran), Ibnu Khuyun (ahli pertanian), Abdul Ghafar (ahli katarak), Al Zahrawi  atau Abulcasis (ahli bedah modern), Ibn Rushd (Averroes, filsuf), Al Idris (pembuat globe atau bola peta dunia), Al Zarqali (Arzachel, astronom, penemu kalender almanak), dan Ibn Firnas (pembuat cikal bakal pesawat terbang dan parasut).

Semoga bermanfaat…

Wassalamu Alikum Wr.Wb

Sumber : Sejarah Islam Eropa